Tema Umum Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Pemilihan tema umum merupakan bagian dari desain projek penguatan profil Pancasila . Pemilihan tema umum dalam pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dapat dilakukan berdasarkan: Tahap kesiapan satuan pendidikan dan pendidik dalam menjalankan projek. Kalender belajar nasional, atau perayaan nasional atau internasional, misalnya Tema "Gaya Hidup Berkelanjutan" dilaksanakan menjelang Hari Bumi, atau tema "Bhinneka Tunggal Ika" dilaksanakan menjelang Hari Kemerdekaan Indonesia. Isu atau topik yang sedang hangat terjadi atau menjadi fokus pembahasan atau prioritas satuan pendidikan. Dalam hal ini, isu atau topik dapat dicari kesesuaian atau keterkaitannya dengan 7 tema yang sudah ditentukan. Tema yang belum dilakukan di tahun sebelumnya dan dapat mengulang siklus setelah semua tema sudah dipilih. Untuk memastikan semua tema dapat dijalankan, sangat penting untuk satuan pendidikan memastikan untuk melakukan pendokumentasian dan pencatatan

Identifikasi Tingkat Kesiapan Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila


Identifikasi tingkat kesiapan merupakan bagian dari desain projek penguatan profil Pancasila. Pimpinan satuan pendidikan dapat menilai tahap pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) berdasarkan tingkat kesiapan satuan pendidikan dan melakukan refleksi awal dengan menggunakan bagan identifikasi kesiapan satuan pendidikan untuk menentukan tahapan menjalankan projek.

  1. Tahap Awal
    • Satuan pendidikan belum memiliki sistem dalam mempersiapkan dan melaksanakan pembelajaran berbasis projek
    • Konsep pembelajaran berbasis projek baru diketahui pendidik
    • Sekolah menjalankan projek secara internal (tidak melibatkan pihak luar)

  2. Tahap Berkembang
    • Sekolah sudah memiliki dan menjalankan pembelajaran berbasis projek
    • Konsep pembelajaran berbasis projek sudah dipahami sebagian pendidik
    • Sekolah mulai melibatkan pihak di luar sekolah untuk membantu salah satu aktivitas projek

  3. Tahap Lanjutan
    • Pembelajaran berbasis projek sudah menjadi kebiasaan sekolah
    • Konsep pembelajaran berbasis projek sudah dipahami semua pendidik
    • Sekolah sudah menjalin kerja sama dengan pihak mitra di luar sekolah agar dampak projek dapat diperluas dan direplikasi secara berkelanjutan