Pemilihan tema umum merupakan bagian dari desain projek penguatan profil Pancasila . Pemilihan tema umum dalam pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dapat dilakukan berdasarkan: Tahap kesiapan satuan pendidikan dan pendidik dalam menjalankan projek. Kalender belajar nasional, atau perayaan nasional atau internasional, misalnya Tema "Gaya Hidup Berkelanjutan" dilaksanakan menjelang Hari Bumi, atau tema "Bhinneka Tunggal Ika" dilaksanakan menjelang Hari Kemerdekaan Indonesia. Isu atau topik yang sedang hangat terjadi atau menjadi fokus pembahasan atau prioritas satuan pendidikan. Dalam hal ini, isu atau topik dapat dicari kesesuaian atau keterkaitannya dengan 7 tema yang sudah ditentukan. Tema yang belum dilakukan di tahun sebelumnya dan dapat mengulang siklus setelah semua tema sudah dipilih. Untuk memastikan semua tema dapat dijalankan, sangat penting untuk satuan pendidikan memastikan untuk melakukan pendokumentasian dan pencatatan ...
Untuk mengembangkan Alur Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dapat mengikuti langkah berikut:
- Pendidik bekerja sama dengan Tim Fasilitasi Projek membuat alur projek yang berisi kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) menggunakan struktur aktivitas yang disepakati bersama.
- Hal-hal yang sudah ditentukan dalam tahap merancang projek, disusun sesuai alur dengan menambahkan strategi-strategi pembelajaran, alat ajar, dan narasumber yang dibutuhkan untuk pengembangan dan pendalaman dimensi projek.
Contoh Alur Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)
- Pengenalan
- Kontekstualisasi
- Aksi
- Refleksi
- Tindak lanjut
Mengenali dan membangun kesadaran peserta didik terhadap tema projek yang sedang dipelajari
Menggali permasalahan di lingkungan sekitar yang terkait dengan topik pembahasan
Merumuskan peran yang dapat dilakukan melalui aksi nyata
Menggenapi proses dengan berbagi karya serta melakukan evaluasi dan refleksi
Menggenapi proses dengan berbagi karya dan melakukan evaluasi serta refleksi
A. Merumuskan tujuan
- Mengamati Apa yang terjadi?
- Mempersiapkan observasi
- Mengenal dan mendekati persoalannya (mencerap)
- Mencari inspirasi
- Mendefinisikan Oh, ternyata itu yang hendak dicapai
- Mendefinisikan tujuan dari temuan
- Membuat kerangka konteks
B. Tindak lanjut
- Menggagas Bagaimana aku bisa menjadi bagian dari solusi?
- Melontarkan dan mengembangkan gagasan
- Membuat alternatif solusi
- Memilih Bagaimana aku bisa mewujudkannya tujuan?
- Memilih solusi yang sesuai dengan tujuan
- Membuat purwarupa
- Merefleksikan Bagaimana supaya ide ini menjadi lebih baik?
- Membagi pengetahuan
- Meminta masukan
- Mengembangkan ide lebih lanjut dari masukan
- Temukan
- Bayangkan
- Lakukan
- Bagikan
Mengenali dan membangun kesadaran peserta didik terhadap isu pengelolaan sampah dan implikasinya terhadap perubahan iklim
Menggali permasalahan di lingkungan sekitar yang terkait dengan topik pembahasan
Mewujudkan pelajaran yang mereka dapat melalui aksi nyata
Menggenapi proses dengan berbagi karya serta melakukan evaluasi dan refleksi